Manfaat Dan Khasiat Dari Mentimun

Mentimun - Manfaat Dan Khasiat Dari Mentimun

Manfaat Dan Khasiat Dari Mentimun Yang Wajib Kalian Ketahui

Manfaat Dan Khasiat Dari Mentimun – Di Indonesia, mentimun biasanya digunakan sebagai pelengkap makanan, seperti lalapan, salad, dan acar. Namun, di India, buah ini juga digunakan sebagai obat tradisional.

Sebab, di tempat hangat seperti India, mentimun memberikan hidrasi dan kesejukan yang diperlukan oleh tubuh.

Selain itu, mentimun juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari Bright Side, berikut beberapa manfaat mengonsumsi satu mentimun setiap hari.

Jika kalian sudah penasaran dengan Beberapa Manfaat Dan Khasiat Dari Mentimun Yang Wajib Kalian Ketahui. Simak terus informasi seputar Obat Herbal Hanya Di obatkampung.org

Turunkan Berat Badan

Kandungan air yang tinggi di dalam mentimun membuat Anda merasa kenyang lebih cepat. Hal ini ujungnya akan membantu mengontrol asupan makanan berlebih dan mendukung program diet yang Anda lakukan.

Bukan itu saja, mentimun juga bebas dari lemak dan rendah kalori. Jadi, mengonsumsi mentimun baik bagi Anda yang sedang berupaya menurunkan berat badan.

Mencegah penyakit neurologis

Fisetin yang terkandung dalam mentimun memiliki manfaat bagi kesehatan otak. Selain itu, Mentimun juga mengandung fosfor di mana orang yag kekurangan fosfor lebih mungkin mengalami penyakit kognitif. Jadi, makan mentimun bisa bermanfaat bagi otak dan membuat otak lebih fokus.

Kurangi risiko kanker

Fisetin, flavonoid yang terdapat dalam mentimun telah membangkitkan minat para peneliti kanker. Di samping, sifat anti-oksidan dan anti-inflamasi flavonoid ini juga dikaitkan dengan berkurangnya risiko jenis kanker tertentu.

Baik untuk pencernaan

Mentimun mengandung serat dan sejumlah air yang bagus untuk pencernaan. Selain itu, vitamin yang terdapat dalam mentimun juga bermanfaat meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

Menghidrasi tubuh

Mentimun mengandung sekitar 95 persen air. Jadi, mengonsumsi mentimun setiap hari akan membuat tubuh terhidrasi yang pada akhirnya akan bermanfaat untuk kesehatan.

Kulit lebih lembut dan bercahaya

Kandungan vitamin B seperti niasin dan riboflavin, serta vitamin C dan seng (mineral) pada mentimun bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Mentimun juga mengandung asam caffeic yang melawan iritasi dan peradangan kulit. Nutrisi dalam mentimun juga membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit.

Mencegah rambut rontok

Rambut rontok adalah masalah yang menjengkelkan. Nah, ternyata mentimun sangaat bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala dan rambut.

Biotin, riboflavin, niasin, dan vitamin B5, B6, dan C memiliki peran penting untuk pertumbuhan rambut. Mentimun juga bagus untuk mencegah rambut rontok dan beruban.

Bagus untuk tulang

Mentimun mengandung vitamin K dan kalsium, keduanya penting untuk tulang yang lebih kuat. Vitamin K bermanfaat untuk mengurangi risiko patah tulang dan memiki peran penting dalam penyerapan kalsium dalam tulang.

Tingkatkan kesehatan kardiovaskular

Nutrisi seperti kalium, magnesium, dan vitamin K sangat penting untuk sistem kardiovaskular. Vitamin K berperan sebagai faktor penting dalam pembekuan darah dan pengaturan kadar kalsium dalam darah.

Tingkat magnesium dan kalium yang rendah telah dikaitkan dengan tekanan darah yang tinggi . Asupan mentimun secara teratur ditemukan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Baik untuk kesehatan gigi

Mentimun mengandung molibdenum dan flourida. Keduanya bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan gigi dan membuat gigi lebih kuat.

Pelindung otak

Ketimun mengandung zat yang disebut dengan flavanol (fisetin). Yang keuntungannya yaitu bisa meningkatkan memori otak, serta melindungi sel-sel saraf pada kepala. Dari proses penurunan fungsi pada otak sehubungan dengan pertambahan usia. Fisetin juga merupakan pelindung aktif-progresif atas Alzheimer.

Segarkan mata

Seiris timun yang didinginkan sangat membantu untuk menyegarkan mata yang lesu. Letakkan seiris ketimun segar yang didinginkan di atas mata, diamkan sejenak. Kandungan antiradangnya akan menyegarkan mata.

Detoksifikasi

Minum jus mentimun adalah cara yang ideal untuk menghilangkan racun tubuh karena kandungan airnya yang tinggi. Jus mentimun bisa melawan batu ginjal. Asupan jus yang teratur dapat membantu melepaskan racun dan membuat tubuh Anda sehat.

Mencegah Osteoporosis

Kehadiran mineral seperti tembaga, magnesium, dan kalium menjadikan mentimun bahan penting untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Meminum jus mentimun secara teratur dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang. Sehingga mencegah timbulnya osteoporosis dan gangguan tulang lainnya yang berkaitan dengan usia.

 

 

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.