Tanaman di Indonesia Bisa Jadi Penangkal Virus Corona

Tanaman di Indonesia Bisa Jadi Penangkal Virus Corona

Tanaman di Indonesia Bisa Jadi Penangkal Virus Corona yang Perlu Diketahui

Tanaman di Indonesia Bisa Jadi Penangkal Virus Corona – Virus corona mewabah sampai ke indonesia. Dengan data terkini mencapai 309 kasus positif COVID-19, 25 meninggal, dan 15 orang sembuh. Kekhawatiran dan kepanikan sebagian masyarakat semakin meningkat, serta mengutamakan social distancing sebagai solusi yang tepat.

Berbagai penelitian di banyak negara berusaha mencari vaksin penangkal virus corona, serta obat yang dijamin ampuh. Beberapa tanaman ikut diteliti dan dipercaya mampu menangkal COVID-19.

Berikut merdeka.com telah merangkum mengenai penjelasan tanaman di Indonesia bisa jadi penangkal dari berbagai sumber.

Tanaman Penangkal Virus Corona

  • Jambu Biji

Tanaman di Indonesia yang pertama ialah jambu biji, yang dilansir dari ui.ac.id yang tengah mengembangkan penelitian penangkal virus corona.

Kerja sama antara Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), yang disampaikan oleh Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MM, Dekan Fakultas Kedokteran UI. Prof Ari menjelaskan bahwa jambu biji memiliki kandungan senyawa yang cukup lengkap dalam menangkal penyebaran virus corona atau COVID-19.

Dari riset bioinformatika, kandungan dalam jambu biji mampu mencegah atau paling tidak mengurangi virus tersebut, ujar Ari. Berdasarkan hasil penelitian, jambu biji memiliki berbagai golongan senyawa yang berpotensi menghambat virus corona, yakni rhamnetin, esperidia, kuersetin, kaempferol, dan myricetin.

  • Daun Kelor

Tanaman di Indonesia bisa jadi penangkal virus corona selanjutnya ialah daun kelor. Kandungan protein yang sangat tinggi bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti protein hewani dari ayam dan telur.

Protein yang baik dari daun kelor mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Semakin kuat daua tahan tubuh, akan semakin baik pula sistem di dalam tubuh dalam melawan virus.

Selain itu, daun kelor masih dalam proses penelitian tindak lanjut, memiliki senyawa penting yang juga terkandung dalam jambu biji. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) yang menganjurkan untuk membiasakan bayi dan anak mengonsumsi daun kelor, dipercaya baik dalam masa pertumbuhan dan mencegah gizi buruk. Gejala virus corona yang menyerang anak-anak, biasanya tidak nampak atau terkadang mereka bertindak sebagai carrier.

Itulah beberapa tumbuhan di indonesia yang bisa jadi penangkal virus corona. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Share:

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.